BUNGA RAMPAI: OTAK ANJING, PUNGGUNG KUDA, BERNAMA BABI

Monday, November 9, 2009

OTAK ANJING, PUNGGUNG KUDA, BERNAMA BABI

Dan biarkan aku bercerita
Pada suatu masa
seorang pujangga lahir dibumi
Hanya mengenakan sepotong ulos dan segumpal abu
Bertanya pada pekerja kebun ditepi selat sunda
Sahabat
apakah jalan diterusan masih penuh dengan batu
Tidak saudaraku , bila engkau kenakan mahkota dan sepotong emas
Sahabat
adakah jalan lain juga terputus menuju terusan itu
Tidak saudaraku , bila engkau kenakan mahkota dan sepotong emas
Sahabat izinkanlah aku melewati malam didalam kebunmu
Tidak Saudaraku
Janganlah kau menyusahkan aku
Kumohon pergilah jauh
Sahabatku ,
Fajar pagi akan menyingsing walau aku berjalan secepat angin tetap aku masih ada dikebunmu maka
Biarkan aku meminta pada Raja agar lelahku lenyap malam ini
Raja berkata
Bila saja fajar tidak segera tiba engkau tidak dapat bekerja dikebunku
Kutanggalkan ulos dan abu dihadapanmu tidak tersisa
Dan hanya ulos dan abu yang kumiliki
Setelah senja tanyamu dalam geram
Mengapa engkau mencuri
Mengapa engkau menipu
Tidak adakah yang lain dapat kau lakukan
Wahai keledai…….

Kuangkat perlahan kepalaku hingga sejajar
Sehelai ulos dan abu kukeluarkan dari saku
Kuangkat setinggi dagu dan berkata
Inilah yang telah kucuri darimu
Seperti anjing kuperlakukan diriku bukan lagi seekor keledai
Kurampas harta kebunmu dari perampok
Kubersihkan sisa makanan dimejamu seperti babi
Inilah hasil tipuanku
Apakah ini juga akan engkau ambil
Paduka raja
Keledai apakah aku ini
Dapat berjaga hingga malam seperti anjing
Paduka raja
Keledai apakah aku ini
Yang membersihkan sisa makanan diatas meja
Paduka raja
Keledai apakah aku ini
Berotak anjing berpunggung kuda bernama babi
Cukuplah sudah !
Terbaliklah bumi . . . .tumpahkan isi hatimu
Bergolaklah bergolak laut
Hiduplah
Terjang angkara murka digunung gunung
Biarkan aku berdiri diujung lidahmu dan memegang pedang dalam kibasan amarahku. Link

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Link pesta sarumpaet online counter

Web Site Hit Counters
Dell Canada Store